Rabu, 14 Juli 2010

Seminar dan Lokakarya Pustakawan Teologi di Indonesia

Pada tanggal 23-24 Juni 2010, Forum Pustakawan dan Perpustakaan Teologi di Indonesia (ForPPTI) kembali melakukan kegiatan seminar dan workshop bagi Pustakawan Sekolah-sekolah Tinggi Teologi (STT) di Indonesia dengan tema "Profesionalisme Pustakawan Teologi". Kegiatan tersebut diikuti oleh 83 peserta dari 53 STT dari wilayah Jawa, Sumatera, Batam, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku dimana kegiatan besar seperti ini baru pertama kali dilaksanakan bagi Pustakawan-pustakawan Teologi di Indonesia. Kegiatan ini disponsori oleh Yayasan Pendidikan Teologi untuk Asia Tenggara (FTESEA), Forum Pustakawan Teologi Asia (ForATL), Jurewitz dari Yayasan PI Belanda, Perhimpunan Sekolah-sekolah Teologi di Indonesia (PERSETIA), dan beberapa Donatur di Jakarta serta didukung oleh Pimpinan STT yang telah mengutus Pustakawannya dalam kegiatan ini.


Topik-topik yang dibahas adalah berbagai hal mengenai penyelenggaraan perpustakaan di Perguruan Tinggi yaitu Penyelenggaraan perpustakaan Perguruan Tinggi: menghadapi era teknologi informasi oleh Ir. Abdul Rahman M.Sc., Menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar: menuju "world class university library oleh Dra. Lucya Dhamayanti, M.Hum, Otomasi dan software perpustakaan oleh Adi Wibowo, M.T., Forum/Ikatan Pustakawan dan Perpustakaan nasional maupun international oleh Hilda V. Putong, M.P. dan Pdt. Ermy Gah, MA. Selain seminar juga diselenggarakan workshop pengolahan materi perpustakaan oleh Prof. Sulistyo Basuki yang dibantu oleh Tim Kerja Panitia. Melalui kegiatan ini diharapkan Pustakawan-pustakawan di Sekolah-sekolah Tinggi Teologi (STT) di Indonesia dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasannya dalam meningkatkan kinerjanya sebagai Pustakawan yang profesional dan berupaya mengelola Perpustakaan sesuai dengan standar yang berlaku untuk pegembangan lembaga pendidikan di Indonesia.

Selain seminar dan workshop, dalam rangkaian kegiatan juga dilaksanakan pemilihan Pengurus periode 2010-2014 yang diketuai oleh Pdt. Ermy Gah, MA sebagaimana terlampir dalam posting sebelumnya. Selamat dan sukses bagi Pengurus dalam melaksanakan tugas bagi pengembangan Pustakawan dan Perpustakaan Sekolah-sekolah Tinggi Teologi (STT) di Indonesia. Terima kasih, kiranya berkat Tuhan senantiasa bagi semua Pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.


Hilda V.Putong
Area Representatif Pustakawan Teologi Indonesia
www.foratl.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar